And…Everythings Comes and Goes


Waktu itu saya masih semester 1 ketika melihat video klip Michelle Branch “Everywhere”. Untuk seusia saya waktu itu, Michelle Branch bisa dibilang singer-songwriter yang bagus, lagu-lagunya juga lumayan. Sampai kemudian, sahabat saya meminjami album kedua Michelle Branch “Hotel Paper”, tidak semua lagu dalam album ini saya suka. Karena menurut saya ada beberapa lagu yang ‘biasa’ saja. Tapi ketika saya mendengarkan “Breath”, “Find My Way Back”, “Hotel Paper” dan duet dengan Sheryl Crowe di “Love Me Like That” saya berpikir bahwa album ini lumayan bagus, untuk ukuran musisi semuda dia, dia memiliki karakter musik yang beda dengan musisi lainnya, misalnya Avril yang cenderung rock-punk.

Lama tidak terdengar di industri musik, saya iseng googling album terbarunya, surprise juga saya menemukan project ini. Album ini memang masih belum go-public di Indonesia, karena penasaran, saya coba download kira-kira musiknya seperti apa. “Everything Comes and Goes” ini keseluruhan berisi lima lagu yang kesemuanya bernuansa country-rock-blues. Ada kemiripan aransemen dengan lagu-lagu Sheryl Crow dan Shania Twain. Coba dengarkan “I’m Ready to Let You Go” dan “Summer Time” taste country-nya lumayan ‘dapet’. Tapi ketika mendengarkan “Sooner or Later”dan “I Want Tears” mungkin akan mengingatkan kita pada Kelly Clarkson atau Chris Daughtry yang kental sekali dengan rock-balladsnya. Album ini memang salah satu project Branch yang masih dibantu sahabatnya Jessica Harp yang sempat membentuk grup musik beraliran country, The Wreckers. Secara musikalitas, lagu-lagu di album ini cukup bagus dan aransemennya dikerjakan dengan rapi. Meskipun aliran musiknya sudah banyak berubah dari album sebelumnya yang cenderung pop-alternatif, namun Branch tidak meninggalkan sentuhan balladsnya. Salah satu single favorit saya “This Way” tetapi lagu ini tidak masuk ke dalam major album ini. Terlihat sekali bahwa musik Branch tidak terlepas dari pengaruh Alanis Morissette dan Beatles, termasuk teknik vokalnya yang semakin matang serta performancenya dalam video klip.

0 komentar: