Defining the Media

a.      Definisi Media
Media dapat didefinisikan sebagai industry media dan teknologi komunikasi yang melibatkan penyampaian pesan antara pengirim dan penerima melalui ruang dan waktu.
Ruang lingkup Media sendiri kini tidak lagi dibatasi sebagai media tradisional (old media) tetapi lebih kepada penggunaan media di masyarakat urban-kontemporer.

b.     Karakteristik Media (a). Media merupakan sistem komunikasi manusia;  (b). Media menggunakan proses teknologi yang terindustrialisasi untuk memproduksi pesan-pesan

- Secara general, tujuan media adalah untuk menjangkau khalayak luas atau dimanfaatkan/dipergunakan oleh masyarakat, atau lebih tepatnya sering disebut sebagai media massa, yang beroperasi melalui ‘mass production’ dalam membangun popularitas.
-  Konsep mass media menggunakan The ‘one-to-many’ model. Pada masyarakat urban-kontemporer, media komunikasi, penyampaian pesan tidak harus berhadap-hadapan (face-to-face), pesan yang disampaikan pun dapat direkam dan kemudian dikirimkan. Media = middle, artinya terletak diantara pengirim dan penerima. Perkembangan media sangat dipengaruhi oleh berbagai kepentingan komersil, karena tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis media merupakan industry yang sangat profitable

c.       b. Media Determinants
Banyak faktor yang mempengaruhi perkembagan media dewasa ini, terutama perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan (dan keinginan) masyarakat yang semakin kompleks. Kebutuhan dan keinginan masyarakat inilah yang kemudian direspon oleh para produsen dan industry media telekomunikasi. Industri media juga memonopoli berbagai kegiatan ekonomi, mulai dari sistem produksi, distribusi, promosi, konsumsi, sirkulasi, dan lain-lain. Kegiatan ini tidak lain digerakkan oleh para kapitalis-kapitalis yang bermain dalam kartel bisnis media secara makro dan mikro.
Tidak dapat dipungkiri perubahan dan perkembangan media dipengaruhi oleh ekonomi kapitalis, sehingga besar kemungkinan segala sesuatunya dilator belakangi oleh profit motives and harus disadari juga bahwa media dikembangkan untuk kepentingan ekonomi.

(Source: MEDIA AND SOCIETY - O'SHAUGHNESSY AND STADLER-OXFORD)

0 komentar: