a. Definisi Media
Media dapat didefinisikan sebagai industry media dan teknologi
komunikasi yang melibatkan penyampaian pesan antara pengirim dan penerima
melalui ruang dan waktu.
Ruang lingkup Media sendiri kini tidak lagi dibatasi sebagai media
tradisional (old media) tetapi lebih kepada penggunaan media di masyarakat
urban-kontemporer.
b. Karakteristik Media (a). Media merupakan sistem komunikasi manusia; (b). Media menggunakan proses teknologi yang terindustrialisasi untuk
memproduksi pesan-pesan
- Secara general, tujuan media adalah untuk menjangkau khalayak luas
atau dimanfaatkan/dipergunakan oleh masyarakat, atau lebih tepatnya sering
disebut sebagai media massa, yang beroperasi melalui ‘mass production’ dalam
membangun popularitas.
- Konsep mass media menggunakan The ‘one-to-many’ model. Pada masyarakat urban-kontemporer, media komunikasi, penyampaian
pesan tidak harus berhadap-hadapan (face-to-face), pesan yang disampaikan pun
dapat direkam dan kemudian dikirimkan. Media = middle, artinya terletak diantara pengirim dan penerima. Perkembangan media sangat dipengaruhi oleh berbagai kepentingan
komersil, karena tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis media merupakan industry
yang sangat profitable
c. b. Media Determinants
Banyak faktor yang mempengaruhi perkembagan media dewasa ini,
terutama perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan (dan keinginan)
masyarakat yang semakin kompleks. Kebutuhan dan keinginan masyarakat inilah
yang kemudian direspon oleh para produsen dan industry media telekomunikasi.
Industri media juga memonopoli berbagai kegiatan ekonomi, mulai dari sistem
produksi, distribusi, promosi, konsumsi, sirkulasi, dan lain-lain. Kegiatan ini
tidak lain digerakkan oleh para kapitalis-kapitalis yang bermain dalam kartel
bisnis media secara makro dan mikro.
Tidak dapat dipungkiri perubahan dan perkembangan media
dipengaruhi oleh ekonomi kapitalis, sehingga besar kemungkinan segala
sesuatunya dilator belakangi oleh profit motives and harus disadari juga bahwa
media dikembangkan untuk kepentingan ekonomi.
(Source: MEDIA AND SOCIETY - O'SHAUGHNESSY AND STADLER-OXFORD)
0 komentar:
Posting Komentar