membuka cakrawala komunikasi bersama Severin dan Tankard


sebetulnya saya bukan penggemar buku-buku ilmiah...buku-buku teori apalagi. setiap kali mencoba membacanya, saya selalu ngantuk dan stress duluan. mereka jadi semacam depresan mujarab yang dapat meninabobokan saya dengan sukses :)

mengenal buku ini pertama kali ketika saya dikejar deadline paper ujian tengah semester beberapa waktu yang lalu. saya diminta membuat sebuah resume dan critical thinking terhadap salah satu teori komunikasi. kalo tidak salah, namanya Cultivation Analysis. banyak buku yang membahas teori-teori komunikasi, misalnya Littlejohn, West, dan yang paling favorit adalah Dedy Mulyana. buku Severin dan Tankard ini sebetulnya bukan yang direkomendasikan oleh dosen saya, mungkin karena bukunya tebel banget... :p

yang menarik, buku ini kontennya telah diklasifikasikan berdasarkan isu-isu, jika buku yang lain mendaftar kontennya secara kronologis berdasarkan historis dan perkembangannya, buku ini mengelompokkan kontennya berdasarkan konsentrasi bahasannya. misalnya bahasan Media dan Konglomerasi: teori-teori apa yang berkaitan dengan isu tersebut, komplet dengan resume, dan related reseach-nya. poin plus yang dimiliki oleh buku ini adalah, dinamisasi ekplanatorinya, dengan menambahkan argumentasi terkait kritik dan perkembangan suatu teori, asumsi-asumsi yang mendasarinya serta tantangan-tantangan kedepannya jika dikaitkan dengan fenomena sosial yang update. buku ini termasuk sangat lengkap mengupas teori komunikasi, media, public relation, dan sedikit menyinggung regulasi media. misalnya pada bab 17 (Severin dan Tankard, edisi 5), terdapat sebuah kajian cyber media dengan paradigma fakta sosial yang praktis tentang konvergensi media.

bagi pemula seperti saya, buku ini cukup user-friendly, dengan penyajian yang cukup runut dan sistematis, pembaca akan lebih mudah menangkap konsep dari sebuah teori tanpa harus membuat peta teori terlebih dahulu.

selamat membaca...!! :)

0 komentar: