bersyukur itu indah


" Dan bahwasannya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang diusahakannya. Dan bahwasannya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan yang paling sempurna (QS: Al Fusilat:46)


teringat obrolan saya dengan ayah beberapa malam lalu di telepon. setelah sekian waktu tidak pulang dan melihat beliau, rasa rindu yang amat sangat mulai menggayuti hati. saat itu saya bercerita tentang rencana-rencana saya kedepan terkait dengan aktivitas yang saya jalani sekarang, kondisi kesehatan yang semenjak seminggu ini drop, dan beberapa permasalahan lainnya. ayah adalah seorang good listener, good adviser dan excellent joker. beliau adalah salah satu idola saya, saya bangga mensejajarkan beliau dengan Soekarno dan Pram, hehehe...

obrolan malam itu lebih cenderung ke curhat, saya merasa menjadi ABG dan kembali ke masa saya SMP dulu, ketika saya merajuk, dan bercerita bahwa saya tidak suka pelajaran fisika, dan ujian saya selalu mendapat nilai dibawah 6... sedihnya...

menit-menit pertama, ayah mendengarkan dengan seksama cerita saya ketika saya 'membohongi' dokter yang mendiagnosa saya terkena gejala typus. ayah paham dengan perangai saya, selalu tidak nurut apa kata dokter.

kemudian tibalah ketika saya yang menjadi the real listener. ayah tidak memberikan banyak komentar, petuah dan nasihat. beliau hanya berpesan: jangan lupa sholat, dan mensyukuri apa yang kamu miliki sekarang.

kalima itu sebenarnya sering saya dengar, saya baca. namun entah mengapa, kalimat itu tiba-tiba menjadi ajaib ketika ayah mengucapkannya.

kemudian beliau melanjutkan: Syukuri kesempitan yang sekarang kamu hadapi, dan yakinlah Alloh akan menunjukkan kelapangan. Karena Alloh tahu kamu bisa melaluinya...Imani itu...

Ayah, tidak terasa aku menitikkan air mata ketika mendengarnya. semagat yang sebelumnya hilang, dan sakit fisik yang kian menambah kesedihanku sontak sirna. aku hanya bisa tersenyum.

"berbagilah dengan sesamamu, dan jadikan setiap detik kehidupanmu bermanfaat..."

Subhanalloh, terimakasih Rabb, untuk semua yang Engkau limpahkan hari ini...terimakasih untuk kasih sayang yang tak terhingga...



love you, Dad... :)

28 June 2010

0 komentar: